RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR
Satuan Pendidikan : SMPN 27 Kota Bekasi Guru Mata Pelajaran : Sari
Supartini, S.Pd
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas
/ Semester : 7 / 2 (genap)
Materi pokok : Teks deskriptif orang Alokasi waktu : 2 JP (50 menit)
K.D. : 34 Membandingkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan
benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. |
4.4 Teks deskriptif 4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda. 4.4.2
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks. |
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah menyimak
video pembelajaran yang diberikan, peserta didik mampu:
1. Memahami fungsi sosial teks deskripsi terkait identitas
orang dengan benar.
2. Membandingkan unsur kebahasaan terkait identitas orang dengan benar.
3. Menangkap makna secara kontekstual terkait struktur
teks deskripsi orang dengan baik.
4. Menyusun teks deskripsi tulis tekait identitas orang
dengan baik dan benar.
II.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN (Pertemuan Pertama)
Kegiatan Pembelajaran |
|
Metode
: -
Daring -
6 S -
Tanya Jawab
|
PENDAHULUAN SEMANGATI ·
Guru melakukan pembukaan dengan salam, berdo’a dan
memberi motivasi. ·
Guru mengingatkan materi
pembelajaran pertemuan sebelumnya. ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. ·
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari yaitu teks deskripsi orang. ·
Guru menyampaikan bentuk & teknik penilaian pada pembelajaran. KEGIATAN INTI SAMPAIKAN ·
Guru
menjelaskan pengertian teks deskripsi, struktur teks dan hal-hal yang yang
akan dipelajari. ·
Guru
memberikan tanyangan gambar beberapa orang. ·
Guru
menjelaskan gambar dan meminta peserta didik untuk menyimaknya. Guru
memberikan informasi tentang identitas orang yang ada di dalam gambar. SEMAIKAN • Guru mengajak peserta didik untuk membuat kalimat berdasarkan informasi
yang didapat dari gambar. • Guru mengajak peserta didik untuk membandingkan orang-orang yang ada
di dalam gambar dan membuat kalimat perbandingan tersebut. SELARASKAN • Guru
memberikan contoh teks deskripsi tentang orang yang ada didalam gambar
sesuai struktur teks dan unsur kebahasaan. SERAPKAN •
Memberikan kesempatan
kepada peserta didik yang telah mampu menerima pembelajaran menjadi
pengetahuan dan keterampilan. PENUTUP SIMPLIFIKASI • Guru
dan peserta didik melakukan
refleksi, evaluasi dan
membuat kesimpulan terhadap materi pembelajaran hari
ini. (IDes) •
Guru menyampaikan tema materi
untuk pertemuan berikutnya.
•
Guru memberikan tugas
pengetahuan dan tugas keterampilan. •
Guru menutup
pembelajaran dengan do’a dan salam. |
Sumber
Belajar : 1.
Buku
Guru Bahasa Inggris kls VII Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2018 2.
Buku
Siswa Bahasa Inggris kls VII Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2018 3.
Buku
teks pelajaran yang relevan 4.
Buku
Modul
|
|
Media
Pembelajaran : 1. Android
Phone 2. Laptop 3. LKPD |
III.
PENILAIAN
No. |
Jenis
Penilaian |
Teknik
Penilaian |
Instrumen Penilaian |
1. |
Penilaian Sikap |
Observasi |
Jurnal Penilaian Sikap |
2. |
Penilaian Pengetahuan |
Tertulis |
Online melalui google form |
3. |
Penilaian Keterampilan |
Tugas mandiri tidak terstruktur |
Lembar Obsevasi Tugas |
Mengetahui, Bekasi, 5 Oktober 2020
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Inggris
No comments:
Post a Comment