RPP TIKOM SABAR TEAM A (KELAS 9)

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TIKOM SABAR

 

Satuan Pendidikan : SMP Negeri 27 Kota Bekasi                             Nama Guru             : Abdus Salam, M.Pd.

Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris                                                 Kelas / Semester     : IX / Ganjil

Materi Pokok           : Teks Prosedur                                                  Alokasi Waktu          : 2 x 30 Menit

KD                    :

3.4.     Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman dan manual, pendek dan   sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

KD

4.4.      Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual

I.             TUJUAN PEMBELAJARAN:

Pertemuan ke-1

Setelah mempelajari video pembelajaran yang diberikan, peserta didik mampu:

1.   Memahami fungsi sosial teks prosedur lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman pendek dan sederhana dengan baik

2.   Menjelaskan struktur teks prosedur lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman pendek dan sederhana dengan benar

3. Memberi contoh unsur kebahasaan teks prosedur lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/minuman pendek sederhana dengan tepat

Pertemuan ke-2

Setelah mempelajari video pembelajaran yang diberikan, peserta didik mampu:

4.  Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dengan memberi dan meminta informasi terkait resep makanan/ minuman pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

5.     Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, dalam bentuk resep dan manual

 Pertemuan ke –1

IL   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran

METODE & MODEL

-   Daring

-   Model  6 S

-   Tanya jawab

 

A.    PENDAHULUAN

   SEMANGATI

 Guru Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan memimpin doa (PPK Religius)

   Guru Memeriksa Kehadiran  peserta didik sebagai sikap disiplin

   Guru Menyiapkan Fisik dan phisikis pesearta didik

   Guru menanyakan materi pembelajaran sebelumnya kepada siswa  

   Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai pada materi tersebut

  Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang teks prosedur dalam bentuk resep makanan

  Guru menyampaikan bentuk penilaian pada materi tersebut yaitu penilaian pengetahuan dan keterampilan

B.    KEGIATAN INTI

  SAMPAIKAN

 ·  Guru memberikan tanyangan gambar/video resep makanan kepada siswa

 ·  Guru meminta siswa untuk menyimak gambar/video tersebut

 ·  Guru meminta siswa untuk menjelaskan gambar/video tersebut

 ·  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi 

 ·  Guru menjelaskan Langkah-langkah membuat sebuah resep masakan

   SEMAIKAN

 •   Guru menyampaikan kepada siswa harapan setelah mempelajari materi yaitu dapat mengembangkan sikap disiplin, pekerja keras, tanggung jawab dan mencintai daerah asal.

   SELARASKAN

   Guru memberikan contoh contoh resep masakan yang ada dalam kehidupan sehari hari khususnya di daerah Bekasi

   SERAPKAN

Guru memberikan tugas pengetahuan dengan quizizz dan google form

          C.    PENUTUP

  SIMPLIKASIKAN

  • Guru dan siswa melakukan refleksi dan evaluasi terhadap pembelajaran hari ini

   •  Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama sama terhadap materi   

   •  Guru menyampaikan materi pembelajaran pertemuan berikutnya

   •  Guru dan siswa berdoa setelah melaksanakan pembelajaran

   •  Guru memberi salam

SUMBER BELAJAR:

1.         Buku Guru Bahasa Inggris kls IX Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2018

2.         Buku Siswa Bahasa Inggris kls IX Jakarta; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2018

3.         Buku teks pelajaran yang relevan

4.         Buku Modul

MEDIA PEMBELAJARAN:

1.   Android Phone

2.   Laptop

3.   Internet

4.   Infocus

III.        PENILAIAN     

a.          Penilaian Sikap                                    :            Teknik             : Observasi              Instrument               : Jurnal

b.          Penilaian Pengetahuan                       :            Teknik             : Tertulis                  Instrument               : Quizziz

c.          Penilaian Keterampilan                        :            Teknik             : TMTT                    Instrument               : Observasi Laporan

 

Mengetahui,

Kepala SMPN 27 Bekasi


H. DADANG SUNDAYA, S.Pd. M.M.

NIP. 19620714 198403 1 007

 

 

Bekasi, 19 September 2020

Guru Mata Pelajaran

  

ABDUS SALAM, M.Pd.

NIP. 19751111 200212 1 008

No comments:

Post a Comment

  MEMBER OF FAMILY Source: http://learnigenglishvacabularygrammar.com Perhatikan gambar pohon keluarga diatas, dan pahami kalimat beri...